..

pixel

..

selamat Datang di Wedsite "www.cateringbeksiku.blogspot.com" jasa catering rumahan di bekasi

Sedia Nasi Tumpeng di Daerah Bekasi

Sedia Nasi Tumpeng di Daerah Bekasi SMS/WA 085780251982 PIN BB 5BEFD9A8 Nasi tumpeng, atau yang banyak dikenal sebagai ‘tumpeng’ adalah merupakan dari bagian warisan kebudayaan yang sampai saat ini masih dipercaya untuk dihadirkan dalam perayaan baik yang bersifat simbolis ataupun ritual. 

Tumpeng sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya saat ingin memperingati momen dan peristiwa penting. Dimulai dari masyarakat di pulau Jawa, Madura dan Bali, kini penggunaan tumpeng sudah menyebar ke seluruh pelosok nusantara lainnya.  

Di balik tradisi tumpeng yang biasa dipakai pada acara ‘selametan’, memiliki nilai-nilai yang sifatnya filosofis. Tumpeng mengandung makna-makna mendalam yang erat dengan hubungan antara manusia dengan Tuhan, dengan alam dan dengan sesama manusia

Tumpeng adalah cara penyajian nasi beserta lauk-pauknya yang berbentuk kerucut. Nasi tumpeng yang dipakai umumnya berupa nasi kuning, meskipun kerap juga menggunakan nasi putih biasa atau nasi uduk. Tumpeng biasa disajikan di atas tampah dengan alas daun pisang

Sedia Nasi Tumpeng di Daerah Bekasi

Tumpeng ini yang sarat dengan makna sehingga apabila makna tersebut dipahami dan diresapi maka setiap kali tumpeng hadir dalam setiap upacara, manusia di ingatkan lagi akan kekuasaan sang pencipta alam, pentingnya menjaga keharmonisan dengan alam dan mempelajari nilai nilai hidup darinya serta mempertahankan asas akan gotong royong,

Cara penyajian nasi ini khas Jawa atau masyarakat Betawi keturunan Jawa dan biasanya dibuat pada saat acara kenduri atau perayaan suatu kejadian penting. Seperti acara syukuran, untuk memeriahkan 17 agustus hari proklamasi kemerdekaan, peresmian acara kantor, merayakan suatu peristiwa penting dan berbagai jenis kegiatan.

Sedangkan falsafah tumpeng berkait erat dengan kondisi geografis Indonesia, terutama pulau Jawa, yang terdapat jajaran gunung berapi. Tumpeng berasal dari tradisi purba masyarakat Indonesia yang memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para hyang, atau arwah leluhur (nenek moyang). 

Meskipun tradisi tumpeng telah ada jauh sebelum adanya ajaran islam ke pulau Jawa, tradisi tumpeng pada perkembangannya diadopsi dan dikaitkan dengan filosofi Islam Jawa, dan dianggap sebagai amanat leluhur mengenai permohonan kepada Yang Maha Kuasa

Itulah sedikit ulasan singkat tentang nasi tumpeng. Nasi tumpeng yang berbentuk kerucut ditempatkan di tengah-tengah dan bermacam-macam lauk pauk disusun di sekeliling kerucut tersebut. Penempatan nasi dan lauk pauk seperti ini disimbolkan sebagai gunung dan tanah yang subur di sekelilingnya.

Adapun lauk yang biasa menyertai adalah perkedel, abon, kedelai goreng, telur dadar/telur goreng, timun yang dipotong melintang, dan daun seledri. Variasinya melibatkan tempe kering, serundeng, urap kacang panjang, ayam goreng, ikan asin, dan sebagainya. Bentuk dan variasi inilah yang membuat hiasan dari tumpeng nasi kuning beraneka ragam.

Nah, untuk Anda yang ingin mengadakan acara dan memerlukan nasi tumpeng, Anda bisa menghubungi nomor SMS/WA 085780251982 PIN BB 5BEFD9A8, Untuk pemesanan nasi tumpeng.

..

..
..