..

pixel

..

selamat Datang di Wedsite "www.cateringbeksiku.blogspot.com" jasa catering rumahan di bekasi

cara dan resep membuat ayam goreng kalasan yang enak

resep membuat ayam goreng kalasan 

cara dan resep membuat ayam goreng kalasan yang enak tapi sebelumnya izinkan saya bercerita kisah tentang apa itu ayam goreng kalasan. Karena ada sebagian yang masih bingung dengan ayam goreng kalasan, jika begitu kami ingin bercerita tentang apa itu ayam goreng kalasan sebelum kita masuk membahas tentang bahan-bahan yang digunakan dan cara membuatnya .

Di jaman dahulu kala, Ayam goreng kalasan katanya diolah oleh seorang istri petani tua di jawa. Beliau adalah salah satu penjual makanan, makanan yang mereka jual terutama bagi para peziarah yang datang untuk mengunjungi candi kalasan. Candi kalasan adalah sebuah kuil budha yang terdapat di daerah yogyakarta. Ayam goreng kalasan di olah dengan menggunakan bumbu yang terdiri dari bumbu rempah-rempah khas indonesia dengan biji ketumbar sebagai keynote-nya.

Jika dirasa-rasa aroma ayam goreng kalasan hampir mirip dengan dendeng yang merupakan masakan tradisional asal Indonesia. Karena tekstur dari ayam goreng kalasan yang empuk serta memiliki aroma yang harum, sedap, enak dan nikmat sekali ketika Anda mencicipi ayam kalasan tersebut. Ayam goreng kalasan pada awalnya di olah dengan cara pengawetan yang alami, dengan maksud dan tujuan agar ayam kalasan dapat bertahan lama. Sehingga para wisatawan dapat menyimpan ayam goreng kalasan untuk menu hidangan makanan pada saat perjalanan mereka kembali kerumah.

Kini versi klasik dari ayam goreng kalasan pada saat ini memang sudah jarang sekali dijumpai. Sedangkan untuk versi modern nya dapat menjadi hidangan yang sangat populer di masyarakat saat ini. Berkat kreasi dari tangan kreatif yang membuat ayam goreng kalasan sehingga menghasilkan ayam goreng kalasan yang lebih fres dan enak. Dengan dilapisi dengan kerak tambahan yang terbuat dari parutan lengkuas yang segar sehingga tampilan dari ayam goreng kalasan menjadi semakin menarik.

Bagaimana, ingin segera membuatnya, kalau begitu silahkan simak bahan-bahan dan cara membuat ayam kalasan seperti pada artikel cara dan resep membuat ayam goreng kalasan yang enak berikut ini. Di simak baik-baik ya
cara dan resep membuat ayam goreng kalasan yang enak

Bahan-bahan Ayam Goreng Kalasan :
Ayam kampung / ayam sayur 1 ekor lalu dipotong menjadi 4 bagian 
Air kelapa 100 mili liter
Soda kue 1/2 sendok teh
Bawang putih sebanyak 5 buah ( dihaluskan )
Daun salam 2 lembar
Lengkuas 2 ruas jari ( dimemarkan )
Garam secukupnya
Gula merah 
Minyak goreng 
Bahan Sambal Ayam Goreng Kalasan :
Cabai merah 15 buah
Bawang merah 5 buah
Bawang putih 2 buah
Tomat 1 buah
Terasi 1/2 sendok
Garam 
Gula 

Bahan Untuk Membuat Kremesan :
300 mili liter santan dari 1/2 butir kelapa
Tepung beras 130 gram
Tepung sagu 50 gram
Garam 1/2 sendok teh
Bawang putih 7 siung ( haluskan )
Kaldu rasa ayam bubuk 1/2 sendok teh
Kuning telur 1 butir
Air kaldu ayam 50 mili liter

Cara Membuat Kremesan :
Untuk membuat kremesan, pertama campurkan santan, tepung beras, tepung sagu, garam, bawang putih, kaldu ayam bubuk, kuning telur dan 50 mili liter air kaldu ayam. 
Selanjutnya tuangkan bahan kremesan kedalam minyak panas, jangan lupa kecilkan api nya. Goreng hingga matang lalu remahkan.

Cara membuat ayam goreng kalasan :
Langkah pertama rebus ayam bersama air kelapa, soda kue, bawang putih dan bumbu halus lainnya hingga matang dan airnya mengental dan ayam empuk. Tambahkan air bila perlu. ambil ayamnya, tiriskan.
Selanjutnya goreng ayam bersama minyak banyak dan panas hingga berubah warna menjadi kecoklatan, angkat lalu tiriskan.

Cara membuat sambal ayam goreng kalasan :
Pertama rebus cabe merah dan tomat, lalu tambahkan juga bawang merah, bawang putih, garam dan terasi. kemudian ulek hingga halus, lalu tambahkan kaldu rebusan ayam. Siapkan minyak goreng lalu panaskan, lalu tumis sambal sebentar hingga harum.
Ayam goreng kalasan yang enak siap disajikan bersama sambal dan kremesan.

Sedapnya ayam goreng kalasan akan nikmat sekali jika dinikmati dengan nasi hangat bersama sambal dan lalabannya. Seperti mentimun, kol, selada, daun kemangi dan lain sebagainya menurut selera anda. Dengan menggunakan air kelapa pada saat merebus ayam bertujuan agar ayam empuk dan enak gurih. Pilihlah ayam yang masih muda, sehingga teksturnya lebih lembut. 

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan resep membuat ayam goreng kalasan yang enak ini dirumah. Baca juga INI

..

..
..